Pentagon dan Pratt menyelesaikan kesepakatan tentang mesin F-35 pada blok 15-17

Ansars

Sebuah F-35 Lightning di kapal induk angkatan laut US Gambar dari zoom.me

Kantor Program Gabungan F-35 dan Pratt & Whitney telah menyelesaikan kontrak Blok 15-17 untuk mesin F135 pesawat tempur siluman, menutup kesepakatan yang bisa berjumlah sekitar $8 miliar, menurut Breaking Defense.


Menurut juru bicara JPO Russ Goemaere, kontrak yang diberikan secara resmi bernilai hampir $5,2 miliar dan mencakup 278 mesin dari Blok 15 dan 16. Namun kontrak tersebut datang dengan opsi untuk Lot 17 yang ditawarkan Goemaere. , yang bisa mencapai $8 miliar seperti yang diklaim Pratt.


Perjanjian Blok 15-17 awalnya diberikan menggunakan mekanisme yang disebut Unspecified Contractual Action (UCA) pada Juni 2022, perjanjian placeholder untuk memulai produksi seperti yang dilakukan Pratt dan JPO, untuk secara resmi merilis detail seperti penetapan harga. 


UCA dengan investasi hampir $4,4 miliar, telah mulai membangun 152 mesin F135-PW-100 - 108 untuk lepas landas konvensional F-35A Angkatan Udara, 15 untuk Marinir Angkatan Laut dan 29 untuk F-35C yang diluncurkan oleh kapal induk Angkatan Laut. JPO juga memesan 26 mesin F135-PW-600 untuk lepas landas pendek dan pendaratan vertikal (STOVL) pada F-35B, paket daya cadangan, dan satu mesin STOVL untuk uji terbang Lot 4.


Goemaere mengatakan kontrak penuh selesai pada 26 Januari dan mencakup 225 sistem lepas landas dan pendaratan konvensional (CTOL) dan 42 sistem propulsi STOVL, bersama dengan suku cadang dan mesin uji. Ia juga tidak menjawab pertanyaan tentang distribusi mesin CTOL antar layanan.


Pratt & Whitney, anak perusahaan Raytheon Technologies, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa nilai total kontrak dengan opsi Blok 17 adalah sekitar $8 miliar, yang akan membiayai lebih dari 418 mesin F135. 


Ini menandai tonggak penting untuk program tersebut," kata Jen Latka, wakil presiden program F135, dalam sebuah pernyataan.

 

Pemberian kontrak ini memungkinkan kami untuk terus menyediakan tenaga penggerak generasi ke-5 yang penting bagi para prajurit dengan biaya yang masuk akal dan terjangkau bagi pembayar pajak, tambahnya.

 

Dalam diskusi meja bundar virtual dengan wartawan pada 28 Februari, Latka mengatakan perangkat keras baru sedang diproduksi untuk mengatasi masalah getaran pada mesin pesawat tempur, yang dikenal sebagai plus.enjoy air conditioning, yang baru-baru ini ditemukan para pejabat saat menyelidiki jatuhnya pesawat F-35B di Inggris.


Pada bulan Desember Investigasi, yang dipimpin oleh Komando Sistem Penerbangan Angkatan Laut, masih bekerja untuk menentukan akar penyebab kecelakaan itu. Setelah kecelakaan itu, Pentagon mengandangkan sejumlah jet tempur yang dirahasiakan dan menangguhkan penerimaan mesin F135 baru. Pengiriman mesin dilanjutkan pada 24 Februari setelah para pejabat mengatakan mereka telah mengembangkan strategi untuk mengurangi masalah guncangan, meskipun jet yang di-grounded belum diizinkan terbang.


Pada tanggal 2 Maret, JPO memerintahkan Global Joint Strike Fighter Business untuk memperbaiki pesawat yang ada dengan perangkat keras baru, yang menurut kantor tersebut juga akan memungkinkan pesawat tempur di darat terus beroperasi.


JPO mengatakan pemasangan perangkat keras baru adalah proses yang "murah" dan "tidak mengganggu", membutuhkan 4-8 jam kerja, meskipun tidak memberikan biaya khusus.


https://breakingdefense.com/2023/03/pentagon-pratt-finalize-f-35-lot-15-17-engine-deal/